Minggu, 12 Januari 2014

Penyebab Komputer Mengalami Not Responding



Inilah Penyebab Komputer Mengalami Not Responding - Komputer kini sudah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. komputer bisa membantu anda melakukan perkerjaan apapun dengan mudah. anda bisa mengetik dengan microsoft word, design foto dengan photoshop, akses internet dengan browser mozilla sampai dengan mencetak hasil kerja anda di atas kertas (Print Out). sudah lama menggunakan komputer, anda pasti pernah mengalami masalah masalah tertentu di komputer anda. yang sering terjadi adalah Program Is Not Responding.
Inilah Penyebab Komputer Mengalami Not Responding
Anda mungkin pernah ketika bekerja dengan photoshop atau program lainnya, tiba tiba program yang anda jalankan mengalami Not Responding, tentu ini sangat tidak nyaman bagi kita. bahkan tidak jarang komputer kita hang, bahkan menutup program yang not responding pun tidak bisa. bagaimana mengatasi hal ini? dalam blog komputer ini kita sudah pernah membahas cara mengatasi program not responding, silahkan baca kembali artikel Cara mengatasi program not responding di komputer.

Sekarang pertanyaannya adalah apa sebenarnya penyebab komputer mengalami not responding? berdasarkan pengamatan, ternyata penyebab komputer anda mengalami not responding adalah lambatnya komputer anda untuk Meload program yang sedang di jalankan. namun penyebab komputer not responding bukanlah satu satunya ini, masih banyak penyebab lain yang mungkin. bahkan bisa jadi Program is not responding ini di sebabkan oleh kerusakan pada Hardware dan Software yang sudah parah. nah, untuk menambah wawasan anda, berikut adalah beberapa penyebab terjadinya not responding di komputer anda.

Inilah Penyebab Komputer Mengalami Not Responding

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan terjadinya Program is Not Responding di komputer anda, yaitu sebagai berikut :

Tampilan yang Berlebihan
Banyak pengguna komputer suka mengubah ngubah tampilan standar komputer mereka dengan alasan untuk mempercantik tampilan komputernya. tampilan cantik dan menarik memang lebih di inginkan oleh setiap orang. namun, perlu anda tahu, terlalu banyak menginstall tema tema komputer justru akan membuat komputer anda lambat. hal ini pernah terjadi pada komputer teman saya, di mana ia menginstall banyak Skin Pack, menarik memang tampak menarik, namun efeknya adalah komputer anda terasa berat. ini di sebabkan karena RAM komputer anda tidak sanggung mengimbangi skin pack yang anda install di komputer anda. jadi, agar tidak berat, sebaiknya gunakan saja tampilan yang standard.

Shorcut di Destkop
Ketika orang orang menginstall software tertentu di komputernya, tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan permintaan software untuk membuat shorcut atau tidak di destkop. bagi  anda yang belum mengetahui shorcut, shorcut adalah langkah cepat atau jalan pintas yang di buat untuk masuk ke tools atau program tertentu. terlalu banyak menginstall software, dan selalu mengijinkan komputer untuk membuat shorcut, membuat shorcut di destkop berlebihan. ini sangat memungkinkan komputer anda menjadi berat. sebaiknya, ketika menginstall software, jangan membuat shorcut di destkop anda.

Terlalu Banyak Software
Ini juga sangat sering terjadi pada pengguna komputer. banyak orang yang suka menginstall banyak software di komputernya. entahlah tujuannya untuk mengoleksi saja atau bagaimana.  padahal, software software itu jarang bahkan tidak pernah di gunakan. ini tentu memakan memori yang tidak sedikit, dan sangat memungkinkan terjadinya komputer yang berat, dan sering menyebabkan program is not responding. saran saya, installah software yang memang berguna bagi anda, jangan terlalu banyak menginstall software yang tidak pernah anda gunakan.

Hardisk Error
Nah, perlu anda ketahui, selain masalah pada software, terjadinya Program is not responding juga di sebabkan oleh hardware. ini juga pernah di alami salah satu teman saya. terjadinya Blue Screen juga di sebabkan oleh kerusakan pada hardisk. Hardisk error menyebabkan lambatnya kemampuan hardisk untuk meload program yang di jalankan. untuk mencegah terjadinya error pada hardisk, sebaiknya cek secara berkala space di hardisk anda. jangan sampai terlalu banyak file file yang tidak berguna.

Sistem Operasi yang Rusak
Penyebab yang ini adalah yang terakhir yang mungkin menyebabkan program is not responding di komputer anda. terjadinya kerusakan pada operating system bisa saja terjadi karena terinfeski virus. cara untuk mengembalikannya adalah dengan menginstall ulang sistem operasi komputer anda jika virus yang menginfeksi komputer anda tidak dapat di hapus. jika anda menggunakan OS Windows, anda dapat membaca Cara menginstall Windows. namun, sebaiknya Back up dulu data data penting anda sebelum melakukan install ulang.

Nah, itulah beberapa Penyebab Komputer Mengalami Not Responding, gunakanlah komputer anda secara bijak, agar kondisi komputer anda tetap prima, dan siap di gunakan setiap saat. agar komputer anda tetap sehat, anda dapat membaca kembali artikel cara merawat komputer dengan benar. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar