Minggu, 12 Januari 2014

cara mudah membuat file pdf



Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer - Anda mungkin tidak asing lagi dengan istilah PDF. bagi anda yang sering mendownload dokumen di internet, pasti file PDF sudah sangat sering anda dengar. PDF biasanya di gunakan sebagai format file dokumen yang berupa Ebook, Jurnal ilmiah online, petunjuk bawaan software, surat lamaran, File dari email dan lain sebagainya.  file ini juga memiliki file tersendiri agar bisa di buka di komputer anda, yaitu Adobe PDF reader. jadi, pastikan terlebih dahulu adobe reader sudah terinstall di komputer anda jika anda ingin membuka file PDF itu.

Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer
Apakah anda ingin membuat file PDF? Bagaimana caranya? ada banyak cara yang dapat anda coba untuk membuat file pdf ini. dalam artikel Cara mudah membuat file PDF Ini akan di bahas 2 cara. namun sebelum membahas jauh tentang Cara nenbuat file PDF, ada baiknya kita membahas apa itu PDF.

Apa itu File PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. File dokumen portable ini di buat untuk tujuan kemudahan saat membaca dan demi keamanan. mengapa? karena setelah di konvert ke bentuk PDF, file itu tidak bisa di edit. tapi kita masih bisa melakukan aktivitas yang mempermudah kita dalam mrembaca, karena pembuka pdf memberikan fasilitas memperbesar dan memperkecil tulisan, melakukan pencarian, dan lain sebagainya. sesuai namanya, file dengan format dokumen portable, file file ini sangatlah simple, tidak memiliki ukuran file yang besar. sehingga tidak jarang orang lebih memilih mengkonvert filenya kedalam bentuk PDF, karena ukuran file PDF lebih kecil jika di bandingkan dengan ukuran file aslinya.

Bagaimana Membuat File PDF?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dalam artikel kali ini akan di bahas 2 cara mudah membuat  file PDF, Berikut adalah langkah langkahnya :

Cara Pertama, anda dapat membuat file PDF di komputer anda dengan menginstall Add-ins di office anda. anda dapat mendownload filenya di situs resmi microsoft, http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=7. setelah anda mendownloadnya, installah di komputer anda. cara menggunakannya sangat mudah, add ins ini terintegrasi untuk semua aplikasi yang ada di microsoft office, mulai dari MS-Word, MS-Excel, Powerpint, acces, dan yang lainnya. ketika anda akan menyimpan file, pilihlah Save As PDF untuk menyimpan filenya dalam format PDF. Jika anda menggunakan office 2013, pilih menu File, kemudian pilih Add ins => Save AS => Adobe PDF.
Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer

Cara Kedua, dengan menginstall software cutePDF, yaitu software konverter ke file pdf. anda tidak perlu khawatir, software ini bersifat freeware, anda dapat menggunakannya secara gratis. silahkan telusuri di google pencarian "Download CutePDF", downloadlah softwwarenya kemudian install di komputer anda.  Bagaimana menggunakannya?
  • Bukalah file original yang ingin anda konvert ke file PDF. Jika file anda berbentuk doc, maka bukalah miscrosoft word. kemudian, di menu File, pilih Print.  di daftar printer, pilihlah CutePDF, Jangan memilih printer yang lain. karena kita akan printing sebagai dokumen digital. kemudian klik Print.

Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer

  • Tunggu beberapa saat word anda melakukan proses, beberapa saat akan muncul kotak dialog save as seperti berikut. pilihlah direktori penyimpanan anda. kemudian klik Save. file anda sudah berhasi di konvert menjadi file PDF.

Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer

Nah, itulah Cara Mudah Membuat File PDF di Komputer, tentunya masih banyak cara lain yang dapat anda gunakan. tapi di rekomendasikan gunakanlah cara yang menurut anda lebih mudah. anda dapat menginstall keduanya di komputer anda, atau salah satunya saja. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar