Rabu, 27 Februari 2013

bahasa cobol

BAHASA PEMROGRAMAN COBOL


pendahuluan
COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa computer awam (High Level language yang berorientasi langsung kepada permasalahan bisnis. Cobol diciptakan pada tahun 1959. pengembangan bahasa cobol selanjutnya dilakukan oleh suatu  group yang disebut CODASYL, Singkatan dari Conference On Data System Langguage.

Bahasa Cobol petama – kali  diperkenalkan secara formal paa bulan Januari tahun 1960,  versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL -60, dan diperbaruhi pada tahun 1965 untuk mengatasi hal ini, pada tahun 1968 dan 1974, bahasa cobol dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut dan distandardsikan dengan nama Ansi Cobol (American National Standards Institute).

  • Sekilas Program COBOL
Program bahasa COBOL Merupakan Program terstruktur, yaitu program yangstrukturnya jelas, mudah dibaca, dan mudah dipelajari, dan baik untuk
Didokumentasikan , Stuktur Utama dari suatu program Cobol terdiri dari 4 divisi yaitu:

IDENTIFICATION DIVISON
ENVIRONMENT DIVISION
DATA DIVISION
PROCEDURE DIVISION
Kalau diinginkan Informal mengenai Identitas program (nama Program, Si pembuat, tanggal dibuat, tanggal dikompilasi, dan lainnya) dapat dilihat pada IDENTIFICATION DIVISION Informasi  mengenai Keadaan  Komputer dan alat – alat lain yang dipergunakan, dapat dilihat pada ENVIRONMENT DIVISION, Informasi mengenai bentuk, jenis dari data apa saja yang dipergunakan dalam program bersangkutan dapat terlihat pada DATA DIVISION, PROCEDURE DIVISION memuat prosedur pemprosesan data yang datanya tampak pada data division untuk dihasilkan outputnya.

  • Yang Dapat Dikerjakan COBOL
COBOL dibuat untuk operasi yang mencakup langkah dasar Pengolahan
data, yaitu membaca data menghasilkan output informasi didalam program COBOL, dua bagian yang utama adalah data division dan Procedure division
Dari apa yang dapat dikerjakan oleh cobol, konsep COBOL Orientasinya pada permasalahan yang berhubungan dengan pengolahan data.

  • Keuntungan Bahasa COBOL
  1. Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat .
  2. program COBOL sesuai untuk pengolahan data, yang banyak diterapkan pada permasalahan bisnis.
  3. program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada computer – computer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.
  4. struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor atau manajer – manajer yang hanya mempunyai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.
  5. COBOL menyediakan fasilitas listing program , bila mana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programmernya.
  6. mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar